Tindaklanjuti Arahan Presiden, Mentan SYL Tinjau DAS Citarum untuk Pastikan Sektor Pertanian Terus Berproduksi

Suara.com – Untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo untuk memastikan sektor pertanian agar terus berproduksi di tengah cuaca ekstrem, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) meninjau kondisi air di kawasan pertanian DAS Citarum Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Kementerian Pertanian untuk terus bergerak memastikan lahan pertanian di seluruh Indonesia, terutama di daerah Bandung ini terairi dengan baik dari sumber-sumber yang ada. Salah satunya dari DAS Citarum,” ujar Mentan SYL, Minggu (13/8/2023).

Menurutnya, petani diharapkan mampu mempercepat pola tanam dengan menggunakan benih unggul toleran kering dan menggunakan teknologi mekanisasi sebagai upaya bersama dalam menguatkan produksi dalam negeri. Pemerintah juga memiliki program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai akses permodalan usaha tani bagi para petani.

“Kita akan dorong terus gerakan nasional percepatan tanam dengan menggunakan benih unggul, teknologi dan bantuan akses KUR bagi pelaku usaha tani. Dengan begitu, kita yakin Indonesia mampu melalui el nini secara baik,” katanya.

Baca Juga:Kementan Gandeng UGM untuk Pengujian Produk Alsintan

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan, Ali Jamil mengatakan bahwa gerakan nasional penanganan El Nino akan difokuskan pada lahan potensial, seperti area peningkatan indeks pertanaman dengan menggunakan teknologi mekanisasi. Apalagi, kata dia, Bandung merupakan wilayah subur yang menyangga komoditas pangan di Jawa Barat.

“Kementan bersama jajaran pemda bandung terus membangun kolaborasi dalam menghadapi el nino. Salah satunya dengan mempercepat pola tanam dengan teknologi mekanisasi,” katanya.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Selangkah Lagi Gianluca Scamacca Berseragam Atalanta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *