Timnas Indonesia dalam Sepekan: Hasil Uji Coba U-17 hingga Persiapan Piala AFF U-23

TEMPO.CO, Jakarta – Dalam sepekan terakhir, PSSI mengungkapkan sederet kabar terbaru dari timnas Indonesia. Mulai seleksi pemain timnas U-17, hasil uji coba dalam rangka persiapan menuju Piala Dunia U-17 2023, hingga persiapan Piala AFF U-23 2023 yang bukan menjadi prioritas.

Tempo merangkum lima berita terbaru timnas Indonesia dalam sepekan terakhir. Simak selengkapnya berikut ini.

1. PSSI Ajukan Piala Dunia U-17 Hanya Digelar di Pulau Jawa

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan ada empat kota yang diusulkan ke FIFA sebagai tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-17, yaitu Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya. Waktu yang mepet hingga efisiensi pendanaan jadi alasannya.

“Saat ini kami melihat konsekuensi persiapan yang tinggal 100 hari karena ini ada logistik, persiapan venue, dan lain-lain. Dengan segala dinamika dan pendanaan juga harus efisien, memang ini pilihan yang tidak mudah,” ujar dia dikutip dari channel YouTube PSSI, Kamis, 3 Agustus 2023.

Mantan Presiden Inter Milan itu tak mau mengambil resiko dengan memaksakan penyelenggaran diadakan di beda pulau. Erick menyebut FIFA juga yakin bahwa Piala Dunia U-17 bisa digelar di empat kota saja.

2. Seleksi Pemain Timnas U-17 Indonesia di 12 Kota Berakhir, 42 Pemain Lolos

PSSI telah menyelesaikan rangkaian seleksi pemain timnas U-17 Indonesia di 12 kota. Rangkaian seleksi itu berakhir di Kota Makassar.

Seleksi pemain timnas U-17 Indonesia sebagai salah satu persiapan menghadapi Piala Dunia U-17 2023. Kegiatan telah dilakukan sejak 12 Juli 2023 mulai dari kota Bandung, Palembang (14 Juli), Bali (15-16 Juli), Tangerang (16 Juli), Samarinda (22 Juli), Jakarta (22 Juli), Solo (23 Juli), Banjarmasin (23 Juli), Medan (29 Juli), Surabaya (29 Juli), Manado (29 Juli), dan terakhir Makassar (30 Juli).

Baca Juga  Indonesia Employs Flexible Approach to Support G20 Digitalization Agendas

Erick membeberkan sebanyak 42 pemain lolos dari seleksi timnas U-17 Indonesia di 12 kota. Mereka akan mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jakarta untuk kembali disortir sebelum skuad akhir diumumkan.

“Nanti tanggal 15-17 Agustus mereka akan bergabung (dengan skuad sementara timnas U-17 di Jakarta) untuk diseleksi lagi sebelum benar-benar punya tim yang berangkat ke Jerman,” tutur Erick.

3. Hasil Uji Coba Timnas U-17 Indonesia

Dalam sepekan terakhir, timnas U-17 Indonesia menjalani dua pertandingan uji coba di Stadion Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Laga pertama melawan Barcelona Juvenil A pada Rabu, 2 Agustus dengan hasil kalah 0-3. Kemudian partai kedua berhadapan kontra Kashima Antlers U-18 dengan hasil kalah 2-3.

Iklan

Meski gagal meraih kemenangan, pelatih Bima Sakti mengapresiasi permainan anak asuhnya yang dinilai lebih baik dari laga sebelumnya. Menurut dia, kekurangan timnas U-17 Indonesia adalah lengah dalam mengantisipasi set piece lawan.

“Hari ini sudah ada kemajuan dari pada pertandingan pada Rabu (2 Agustus) karena pemain lebih bermain build up kemudian organisasi bertahan lebih baik,” ujar dia dikutip dari Antara. “Karena memang agak kesulitan mencari analisa video merak, kami hanya mendapat video seniornya dan timnas Jepang. Jadi, kami memang sedikit lengah di set piece.

Selanjutnya, skuad Garuda United U-17 dijadwalkan berlatih selama sepekan di Solo mulai Senin, 7 Agustus 2023. Selain itu, mereka juga bakal melakoni uji coba dengan tim lokal di sana.

4. PSSI Kompromi dengan Klub Soal Pemanggilan Pemain untuk Piala AFF U-23 2023

Erick Thohir menegaskan Piala AFF U-23 2023 bukan menjadi prioritas, melainkan sasaran antara untuk persiapan kualifikasi Piala AFC U-23 2024. Ia mengungkapkan pelatih Shin Tae-yong sudah mengetahui pemain-pemain mana saja yang dilepas dan tidak dilepas oleh klub untuk Piala AFF U-23. Terkait hal tersebut, dia telah berkompromi dan tidak akan menyudutkan klub.

Baca Juga  Tips Memilih Unit Apartemen Yang Tepat Di Kalibata City

“Saya nggak mau memojokkan klub, saya bilang klub harus komitmen dukung timnas Indonesia di kalender yang sudah disepakati. Kalau di kalender AFF U-23 dan Asian games itu sasaran antara, ya kami sama-sama kompromi,” tuturnya.

5. TC Timnas U-23 Kabarnya Dimulai 8 Agustus 2023

Asisten pelatih timnas U-23 Indonesia Nova Arianto memberi bocoran kerangka skuad yang akan dibawa ke Thailand. Ia menyebut mayoritas dihuni pemain muda dan banyak wajah baru.

“Ada beberapa pemain U-19, pemain SEA Games 2023 kemarin, dan beberapa pemain baru,” ungkap Nova kepada Tempo lewat pesan singkat, Selasa, 1 Agustus 2023.

Meski begitu, mantan bek Persib Bandung itu enggan membeberkan kapan pemusatan latihan (TC) timnas U-23 Indonesia akan dimulai. Akan tetapi, beredar kabar yang menyebut bahwa TC dimulai pada Selasa, 8 Agustus 2023.

Pilihan Editor: 5 Fakta Menarik Uji Coba Timnas U-17 Indonesia vs Kashima Antlers U-18



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *