Ratu Tisha: PSSI Ingin Perkuat Audit, Hasilnya Bakal Dibuka ke Publik

TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan bahwa pihaknya akan memperkuat audit keuangan federasi. Ia juga berjanji bahwa hasil audit bisa disampaikan ke publik sebagai bentuk transparansi dalam pengelolaan sepak bola Indonesia.

“Tata kelola dan prosedur organisasi, kami telah menyampaikan kepada kongres, dan itu setiap tahunnya pasti akan audit. Tidak hanya dari kita sendiri, tapi juga dari FIFA datang langsung,” kata Ratu Tisha dalam diskusi Hasil Survei LSI melalui siaran daring di Jakarta, Minggu, 20 Agustus 2023.

Tisha menjelaskan bahwa, selama ini, PSSI selalu melaporkan hasil audit keuangan organisasi secara transparan kepada FIFA sebagai salah satu syarat agar bisa berpartisipasi pada turnamen FIFA atau AFC.

Mantan Sekretaris Jenderal PSSI ini juga menekankan bahwa keberadaan Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI jugaberfokus pentingnya transparansi audit keuangan organisasi. Ia ingin federasi bisa membuktikan kepengurusan yang bersih, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Dengan adanya pak Erick saat ini sebagai ketua umum, kita sangat bersyukur bahwa hal-hal ini benar-benar ditekankan secara nyata,” kata Tisha.

Sebelumnya, politikus PDIP yang juga sempat menjadi Ketua Steering Committee Piala Presiden periode 2015 hingga 2019 Maruarar Sirait mempertanyakan pengelolaan sepak bola yang dilakukan oleh PSSI periode-periode sebelumnya. Ia mengkritik PSSI yang dianggap tidak transparan dalam manajemen.

Iklan

Maruarar menginginkan agar PSSI menindaklanjuti adanya temuan pada audit laporan keuangan PSSI baik pada kepengurusan terkini maupun periode sebelumnya. Bahkan dia meminta agar PSSI melaporkan kepada pihak penegak hukum apabila terjadi indikasi penyelewengan ataupun korupsi pada laporan audit tersebut.

Ratu Tisha menyebut bahwa manajemen PSSI sempat melaporkan audit keuangan PSSI kepada aparat penegak hukum pada tahun 2018 dan 2019. Dia memastika bahwa PSSI akan melakukan penindakan apabila ada indikasi pengelolaan sepak bola di luar aturan dalam audit.

Baca Juga  Namanya Dicatut di Chat Palsu Dukung Oklin Fia, Rizky Billar Bakal Laporkan Pelaku ke Polisi

Berdasarkan survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI), sebanyak 72 persen penduduk Indonesia tidak tahu bahwa Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan melakukan audit keuangan PSSI untuk membuktikan kepengurusan yang bersih, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Meskipun banyak yang tidak tahu akan kebijakan itu, sebanyak 93,9 persen masyarakat setuju apabila kebijakan audit keuangan tersebut dilakukan oleh Erick Thohir.

Pilihan Editor: Survei LSI: Sebagian Besar Masyarakat Puas dengan Kinerja Erick Thohir Pimpim PSSI



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *