Menhub Budi Karya: 50 Persen Lebih Polusi Udara Disumbang Kendaraan Bermotor

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa lebih dari 50 persen polusi udara yang terjadi disumbang oleh kendaraan bermotor. Seperti diketahui, dalam beberapa hari belakangan ini, indek kualitas udara di Jakarta disebut sudah tidak sehat bagi kelompok sensitif.

“Kita tahu bahwa dengan adanya pencemaran yang masif, saya mengingatkan saja, kontribusi kendaraan bermotor itu lebih dari 50 persen,” kata Budi Karya, dikutip dari Tempo.co hari ini, Senin, 14 Agustus 2023.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik (Aismoli) Budi Setyadi. Dia menuturkan bahwa dari 100 persen polusi udara, lebih dari 50 persen disebabkan oleh penggunaan kendaraan bermotor.

“Sumbangsih kendaraan bermotor berbahan bakar fosil terhadap polusi udara mencapai 70 persen. Dari 70 persen, 50 persennya lebih dari sepeda motor,” ucap Budi Setyadi.

Dengan tingginya dampak penggunaan kendaraan bermotor fosil terhadap polusi udara, Budi Setyadi mengaku optimistis dengan prospek motor listrik di Indonesia. Terlebih, polusi udara di Jakarta semakin menjadi perhatian.

“Kalau saya lihat, ini harus ada peran dari masyarakat untuk sama-sama memperbaiki polusi udara di Jakarta dengan mengurangi penggunaan sepeda motor,” ucapnya.

Iklan

DICKY KURNIAWAN | AMELIA RAHIMA SARI

Pilihan Editor: Honda WR-V RS Modifikasi Hadir di GIIAS 2023, Apa Saja yang Diubah?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto



Quoted From Many Source

Baca Juga  Shin Tae-yong Semprot Wasit Usai Laga Malaysia vs Timnas Indonesia, Kecewa Harimau Malaya Dapat Penalti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *