Kontribusi Trans Jateng untuk PAD Rp 14 Miliar, Ganjar Pranowo: Ini Langkah Awal

TEMPO.CO, Wonogiri – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyebut operasional Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng turut berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD). Besaran PAD Provinsi Jawa Tengah yang diperoleh dari enam koridor layanan BRT Trans Jateng yang sudah dioperasikan saat ini tercatat mencapai sekitar Rp 14 miliar.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Henggar Budi Anggoro dalam sambutannya di acara peresmian layanan BRT Trans Jateng rute Wonogiri-Solo di Alun-Alun Giri Krida Bakti Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa, 8 Agustus 2023. 

Henggar menyebutkan enam koridor yang sudah beroperasi itu antara lain Koridor I Bawen (Ungaran)-Tawang (Semarang), Koridor II Bulupitu (Purwokerto)-Bukateja (Purbalingga), Koridor III Bahurekso (Kendal)-Mangkang (Semarang), Koridor IV Surakarta-Sragen, Koridor V Kutoarjo (Purworejo)-Borobudur (Magelang), dan Koridor VI Halte Penggaron (Semarang)-Terminal Godong (Grobogan). Lalu per Selasa, 8 Agustus 2023 ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga meresmikan layanan BRT Trans Jateng rute Wonogiri-Solo yang menjadi Koridor VII.

“Ini (BRT rute Solo-Wonogiri) Koridor VII. Yang kami operasionalkan ini merupakan koridor terakhir yang dibebankan kami. Tapi kami mulai susun (koridor) lagi,” katanya. 

Adapun dalam sambutannya, Ganjar menyatakan bahwa transportasi merupakan komponen yang mengaduk-aduk inflasi. Hampir setiap hari orang bepergian menggunakan transportasi.

“Layanan transportasi publik kita akui belum seperti yang diharapkan. Ini (BRT) langkah awal yang kita rintis panjang belum tuntas. Kita masih bicara jarak, waktu dan tarif,” tutur Ganjar. 

Iklan

Ganjar berharap kehadiran BRT akan menjawab keluhan publik tentang layanan transportasi umum. Melalui operasional BRT itu diharapkan kaum marjinal, kelompok miskin dan yang kurang mampu bisa mendapat akses lebih baik.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan Trans Jateng Koridor VII dengan rute Solo-Sukoharjo-Wonogiri pada Selasa, 8 Agustus 2023. Selama sepekan pertama sejak peluncuran, moda transportasi umum tersebut digratiskan bagi masyarakat.

Baca Juga  Rumah Tangganya Kembali Damai, Rendy Kjaernett dan Syahnaz Sadiqah Saling Sindir

Pilihan Editor: Kritik Kebijakan Jokowi, Faisal Basri Sebut 90 Persen Keuntungan Hilirisasi Nikel Mengalir ke Cina



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *