Cek Fakta: Takut Anies Baswedan Semakin Tenar, Menpora RI Sebut Pembukaan Piala Dunia U-17 di JIS Tak Boleh Terlalu Spektakuler

Suara Denpasar – Jakarta International Stadium (JIS) yang dibangun Gubernur DKI Jakarta era Anies Baswedan, kini telah diresmikan FIFA sebagai salah satu stadion untuk perhelatan Piala Dunia U-17

Namun, kabar terbaru datang dari Menpora RI Dito Ariotedjo yang dikabarkan menyebut pembukaan Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium (JIS) tidak boleh terlalu spektakuler. 

Hal ini pun disebut sengaja dilontarkan lantaran takut Anies Baswedan semakin tenar karena salah satu karya terbaiknya itu. 

Informasi ini disebarkan kanal YouTube Hodari Podcast Rakyat pada Sabtu (12/8/2023), dengan judul ‘Takut Anies Semakin Tenar…!! Pembukaan Piala Dunia U-17 di JIS Tak Boleh Terlalu Spektakuler’. 

Baca Juga:Cek Fakta: Tolak Degradasi ke Liga 2! Aremania Sujud Minta Bantuan Mantan Presiden Arema FC, Gilang Juragan 99

Pada sampul video, terpampang wajah Dito Ariotedjo dan Presiden Jokowi. Selain itu, di bagian deskripsi konten tersaji narasi bahwa Menpora RI itulah yang membatasi ceremony pembukaan di JIS tersebut. 

Konten berdurasi 10 menit 56 detik itu telah disaksikan lebih 3,4 ribu kali serta dipenuhi 108 komentar yang berisikan kecaman terhadap pemerintahan era Jokowi dan dukungan untuk Anies Baswedan. 

Berikut ini hasil penelusuran cek fakta terkait video yang beredar tersebut. 

Cek Fakta: 

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut rupanya membahas kritikan seputar pembukaan Piala Dunia U-17. 

Baca Juga:Cek Fakta: Bojan Hodak Tak Main-main! David da Silva Tinggalkan Persib Bandung, Striker Asing Ini Penggantinya?

Dalam keterangannya, narator menyebut apabila pembukaan Piala Dunia U-17 digelar tidak spektakuler dan kurang meriah, maka perhelatan tersebut tidak akan menarik bagi para penonton. 

Terkait yang dimaksud takut Anies Baswedan semakin populer, nyatanya hal itu hanyalah merujuk pada komentar miring netizen untuk PSSI. 

Baca Juga  Dalih Plt Wali Kota Bekasi Bolehkan Senam Sparko di Stadion Patriot Jelang Laga Liga 1 Tapi Larang Acara Anies

Seperti yang pernah diberitakan CNN TV Indonesia, Menpora RI Dito Ariotedjo tidak pernah menyebutkan pembukaan Piala Dunia U-17 di JIS tak boleh spektakuler karena takut Anies Baswedan semakin tenar. 

Faktanya, alasan utama ia buka suara soal seremoni Piala Dunia U-17 karena merujuk pada aturan FIFA. 

“Tadi Pak Ketua PSSI (Erick Thohir) menyampaikan karena ini U-17 maka ada aturan dari FIFA bahwa tidak boleh terlalu spektakuler. Jadi ada aturan tersendiri setiap level baik di Piala Dunia U-17, U-20 dan senior,” ujarnya. 

Hal serupa soal pembukaan Piala Dunia U-17 disampaikan pula oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Ia bahkan mengajak masyarakat tidak membayangkan seremoni sebesar Piala Dunia senior yang telah digelar. 

“Pembukaan akan digelar di JIS. Penutupan ada di Solo (Stadion Manahan). Tetapi untuk pembukaannya jangan terkonotasi seperti World Cup, ini nggak sebesar itu,” ujar Erick Thohir, dikutip dari laman resmi Kemenpora, Minggu (13/8/2023). 

Oleh sebab itu, kabar Menpora Dito Ariotedjo yang menyebut pembukaan Piala Dunia U-17 tak boleh spektakuler karena takut Anies Baswedan semakin tenar merupakan berita yang salah atau disinformasi. (*) 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *