Cara Buat Banner HUT RI 78 Mudah Pakai Canva, Banyak Template Gratis!

Suara.com – Dalam rangka menyambut perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78, masyarakat Indonesia selalu memeriahkannya dengan membuat beragam ornamen kemerdekaan. Salah satunya adalah membuat poster, spanduk, atau banner untuk dipasang di berbagai infrastruktur dan beragam fasilitas umum. Sudah tahu bagaimana cara buat banner HUT RI 78 yang mudah?

Spanduk, poster, dan banner tentu saja memiliki desain dengan tema HUT RI tahun 2023 ini. Untuk membuat desain banner HUT RI 78, kebanyakan orang akan mengunduh logo atau banner sesuai tema dengan 2023. Tapi sebetulnya tidak hanya itu, Anda yang ingin membuat banner kemerdekaan yang menarik, Anda bisa berkreasi dengan software desain Canva.

Melalui Canva ini, Anda bisa mendesain bannner HUT RI 78 dengan bantuan template-template yang beragam. Seperti apa cara buat banner HUT RI 78 mudah menggunakan Canva? Langsung simak panduannya berikut ini, yuk!

Cara Buat Banner HUT RI 78 Mudah

Baca Juga:Contoh Pidato 17 Agustus Bahasa Jawa untuk Upacara Bendera di Sekolah

Bagaimana cara buat banner HUT RI 78 yang mudah, bagus, dan menarik? Kabar baiknya, saat ini Anda bisa membuat banner HUT RI 78 mudah melalui platform online seperti Canva. Di Canva, Anda bisa membuat banner, baliho, spanduk, poster, hingga berbagai macam bentuk ucapan Selamat HUT RI 78 untuk kemudian dicetak.

Berikut disajikan langkah-langkah cara buat banner HUT RI 78 di Canva yang mudah untuk dipraktikkan:

1. Buka Canva

Langkah pertama, Anda bisa langsung akses situs Canva.com menggunakan laptop, atau membuka aplikasi Canva yang sudah terlebih dahulu diunduh di Google Playstore.

Mengingat Anda ingin membuat banner HUT RI 78, maka disarankan untuk menggunakan laptop, Macbook, Chromebook atau komputer saja. Setelah nanti laman tersebut terbuka, maka silakan Anda langsung login menggunakan email atau Facebook.

Baca Juga  Melongok Tradisi Nyalamaq Dilauq di Desa Tanjung Luar Lombok Timur dan Sejarahnya

Baca Juga:Berburu Pernak-Pernik Merah Putih di Pasar Jatinegara

2. Cari Template

Langkah selanjutnya, silakan masukkan Kata Kunci “Banner HUT RI” di Laman Pencarian Template Canva.

Sebenarnya Anda bisa membuat banner HUT RI 78 secara manual, tapi supaya lebih cepat sebaiknya Anda menggunakan template gratis atau pro yang sudah disediakan di Canva.

Setelah tadi masuk ke laman utama Canva, lalu pada kolom pencarian Anda bisa memasukkan kata keyword “Banner HUT RI” atau “Kemerdekaan Indonesia” pada kolom pencarian. Setelah itu, Anda akan langsung arahkan pandangan ke baris menu yang paling bawah, lalu klik opsi Lihat Semua pada Template yang Disarankan.

3. Pilih Desain Banner Kemerdekaan Indonesia

Langkah ketiga, Anda perlu memilih desain banner Kemerdekaan Indonesia untuk nanti dicetak sebagai spanduk maupun baliho ucapan Selamat HUT RI 17 Agustus 2023.

Perlu diketahui, sebelum memilih desain sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu berapa rasio atau ukuran banner yang ingin dicetak, apakah 1×1 meter, 2×1 meter, 2×2 meter, 3×1 meter, 4×1 meter, atau ukuran banner potrait lainnya.

Jika Anda ingin mencetak banner HUT RI 78 yang memanjang ke samping, maka silakan pilih desain yang Lanscape. Sedangkan jika Anda ingin mencetak banner potrait, maka pilihlah desain banner yang memiliki tinggi optimal.

4. Tambahkan Kata-kata

Supaya tampilan lebih elegan, Anda perlu melakukan kostumisasi desain banner 17 Agustus 2023. Misalnya, Anda bisa menambahkan kata-kata ucapan, jargon, kutipan motivasi dari pahlawan Kemerdekaan dan sebagainya.

Lebih daripada itu, Anda pun bisa memasukkan foto atau gambar pribadi melalui fitur “Unggah” yang ada pada sisi kiri Canva. Atau jika ingin lebih mudah, Anda bisa langsung copy-paste gambar langsung ke desain banner.

Baca Juga  Kris Dayanti Duet Bareng Anang Hermansyah, Raul Lemos: Itu Luar Biasa

5. Download

Jika Anda telah selesai melakukan proses desain-mendesain, maka sekarang saatnya Anda mengunduh banner Kemerdekaan Indonesia. Untuk keperluan pencetakaan spanduk, sangat disarankan untuk mengunduh desain dengan format PDF atau PNG.

Caranya mudah, tinggal klik tombol “Bagikan” yang ada di pojok kanan atas Canva, lalu pilih opsi “Unduh” dengan format “PDF” atau PNG. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa mengunduh dengan memperbesar rasio ukuran desain. Tapi hal ini hanya bisa dilakukan bagi pengguna Canva Pro.

Tapi tak perlu khawatir, ada cara lain yang bisa ditempuh, yaitu Anda bisa terlebih dahulu mengubah ukuran desain supaya gambarnya lebih HD dan tidak pecah saat dicetak.

Caranya, pada tampilan halaman desain Canva, silakan klik opsi “Ubah Ukuran” yang ada pada sisi kiri atas layar.

Setelah itu, Anda tinggal memasukkan ukuran banner HUT RI yang Anda inginkan. Ubah terlebih dahulu satuan lebar dan tinggi menjadi CM, kemudian masukkan ukuran berikut ini:

  • 200×50 CM untuk banner yang berukuran 4×1 meter atau baliho 8×2 meter
  • 100×50 CM untuk banner yang berukuran 2×1 meter atau baliho 4×2 meter
  • 100×100 CM untuk banner yang berukuran 1×1 meter, 2×2 meter, spanduk 3×3 meter atau semisalnya.

Itulah cara buat banner HUT RI 78 mudah menggunakan Canva yang bisa Anda coba. Semoga informasi mengenai cara buat banner HUT RI 78 di atas bermanfaat.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *