Badai Hilary Sebabkan Banjir Bandang di Los Angeles

TEMPO.CO, Jakarta – Badai Hilary menyebabkan banjir bandang yang ganas di timur dan barat Los Angeles, Amerika Serikat pada hari Minggu, 20 Agustus 2023 saat topan meluncur melalui semenanjung Baja California di Meksiko dengan kekuatan mematikan.

Satu orang tewas di Meksiko di tengah laporan banjir bandang di semenanjung, di mana beberapa jalan tersapu dan gambar di media sosial menunjukkan aliran air yang deras mengalir ke jalan-jalan kota yang berubah menjadi sungai.

Gubernur California Gavin Newsom mengumumkan keadaan darurat untuk sebagian besar California Selatan, dengan peringatan banjir bandang berlaku hingga setidaknya pukul 3 pagi pada hari Senin di wilayah yang lebih terbiasa dengan kekeringan.

Daerah pegunungan dan gurun bisa mendapatkan curah hujan 12 hingga 25 cm, sebanyak yang biasanya terjadi di gurun dalam setahun, kata peramal cuaca.

Badai tropis pertama yang melanda Los Angeles County sejak 1939 memicu banjir serius di Pegunungan San Gabriel di sebelah timur kota dan wilayah pesisir di barat laut di Ventura County.

Pemerintah Kota San Bernardino memerintahkan evakuasi sejumlah willayah di pegunungan dan lembah karena terjadi semburan air dan lumpur deras membawa batu dan pepohonan.

Di Wrightwood, California, sekitar 112 km timur laut Los Angeles, hujan menghanyutkan pepohonan dan lumpur ke bawah bukit di Ngarai Domba. Lebih jauh ke timur di Oak Glen – salah satu dari lima kota San Bernardino County di bawah perintah evakuasi – air banjir yang memancar melemparkan pohon, lumpur, dan batu ke udara.

Di sebelah barat di Ventura County yang berpenduduk lebih banyak, Badan Cuaca Nasional memperingatkan tentang banjir besar karena curah hujan hingga 5 cm turun dalam waktu dua jam. Layanan cuaca melaporkan mobil terjebak di komunitas Spanish Hills.

Baca Juga  Persib Tercecer di Dasar Klasemen Liga 1, Pelatih dan Pemain Beberkan Banyak Alasan

Newsom, yang sedang berada di California Selatan, mengatakan Palm Springs, tempat liburan gurun di Riverside County sekitar 160 km timur Los Angeles, kering ketika dia pergi pada hari Minggu tetapi satu jam kemudian telah menerima “curah hujan paling signifikan” selama periode 60 menit dan membuat jalanan segera banjir.

“Begitulah cepatnya sistem ini bergerak. Jangan anggap remeh,” kata Newsom dalam jumpa pers di Los Angeles setelah memberi tahu Presiden AS Joe Biden, yang memerintahkan agen federal untuk memindahkan personel dan pasokan ke wilayah tersebut.

Badai mengejutkan orang-orang di kota terdekat Rancho Mirage, di mana air dan puing-puing mengalir deras ke jalan yang tertutup dan membuat setidaknya satu truk pikap terdampar terjebak di air hampir ke atas baknya.

Iklan

“Luar biasa. Saya belum pernah melihat yang seperti ini,” kata Sean Julian, 54 tahun, dari Rancho Mirage. “Saya melihat lebih banyak pohon tumbang. Dan ada pohon besar yang baru saja tumbang di sana, dan saya mungkin seharusnya tidak berada di sini.”

DJ Hilton dari Kota Katedral yang bertetangga mengatakan, “Kami pernah mengalami badai sebelumnya, tetapi tidak pernah terjadi angin sepoi-sepoi dan hujan pada saat yang bersamaan.”

Pada jam 8 malam, Hilary berada 170 km barat laut San Diego, menyebabkan angin dengan kecepatan 75 kph dan bergerak ke utara-barat laut, kata layanan cuaca.

Ratusan penerbangan di San Diego, Las Vegas, dan Los Angeles dibatalkan, dan pertandingan olahraga profesional dijadwal ulang. Distrik Sekolah Terpadu Los Angeles dan Distrik Sekolah Terpadu San Diego, dua distrik sekolah terbesar di negara bagian itu, membatalkan kelas untuk hari Senin. Ombak berbahaya menghantam pantai-pantai di California Selatan.

Baca Juga  Sudah Mengerucut, Managemen Persebaya Sebut Segera Umumkan Pelatih Baru, Aji Santoso Resmi ke Arema?

Air banjir mengalir melalui tepian beton Sungai Los Angeles, yang biasanya hanya menampung sedikit air. Di Ocotillo, sebuah kota gurun sekitar 140 km  sebelah timur San Diego, longsoran batu membawa batu-batu besar turun di Interstate 8, menyebabkan kemacetan lalu lintas di jalan raya menuju Arizona.

Hilary pada hari Minggu mendarat di bagian utara semenanjung Baja California Meksiko, di mana hampir 1.900 orang dievakuasi ke tempat penampungan, menurut tentara negara itu.

Badai itu sangat berbahaya di daerah berpenghasilan rendah di mana banyak rumah tidak memenuhi aturan bangunan.

“Kami selalu sadar bahwa ini adalah daerah yang berisiko. Banyak aliran air (di dekatnya) tetapi apa yang akan kami lakukan? Itu satu-satunya tempat kami harus hidup,” kata Yolanda Contreras, yang tinggal di daerah rawan banjir. Rosarito, sekitar 15 mil selatan perbatasan AS-Meksiko.

REUTERS

Pilihan Editor Anggota Parlemen Rusia Tuduh Polandia Ingin Kuasai Ukraina



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *