Tilang Uji Emisi di Jakarta Kembali Ditiadakan, Polisi: Banyak Masyarakat Komplain

Sebelumnya diberitakan, sanksi tilang bagi kendaraan tak lolos uji emisi digelar kembali di Jakarta pada Rabu (1/11/2023). Total, ada 57 kendaraan bermotor yang terjaring pada razia yang berlangsung pukul 08.00-10.00 WIB ini.

Tilang uji emisi ini serentak digelar pada lima lokasi di wilayah kota administrasi DKI Jakarta. Penilangan dilakukan oleh Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Total ada 57 kendaraan yang dikenai sanksi tilang karena tidak lulus uji emisi. Rinciannya 20 unit kendaraan roda empat dan 37 unit kendaraan roda dua,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto dalam keterangan tertulis, diterima Rabu (1/11/2023).

Selain itu, Asep mengatakan pada hari pertama pelaksanaan tilang ini, petugas mencatat sebanyak 257 kendaraan dilakukan uji emisi on the spot. Asep menyebut, selama ini pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kewajiban uji emisi.

“Sejak 2021, Pemprov DKI Jakarta terus menggencarkan sosialisasi kewajiban uji emisi dalam rangka perbaikan kualitas udara,” kata Asep.

Asep mengungkapkan edukasi publik kewajiban uji emisi ini sudah dilakukan DLH dengan berbagai macam cara dan pendekatan. Nantinya, razia uji emisi bakal dilakukan pada Senin-Jumat.

Rrazia uji emisi digelar sebagai salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta untuk mengedukasi warga Ibu Kota soal pentingnya merawat kendaraan bermotor agar tak mencemari udara.

“Selain itu upaya mengendalikan pencemaran udara Jakarta juga dilakukan dengan pengawasan dan penegakan hukum kepada industri yang berpotensi mencemari udara,” ujar Asep.   

 

Quoted From Many Source

Baca Juga  7 Respons Sejumlah Pihak soal Pernyataan Kapolri Terkait Pemimpin yang Bisa Lanjutkan Estafet Kepemimpinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *