Sidang Sengketa Pilpres 2024, Aksi Tandingan Pro-Kontra Bertemu di Patung Kuda Monas

Liputan6.com, Jakarta – Massa aksi meramaikan sekitaran Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat saat momen sidang perdana perselisihan hasil Pemilihan umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 atau sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK). Demonstran pun terbagi dua baik yang pro dan kontra hasil Pemilu 2024.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (27/3/2024), massa aksi kontra hasil Pemilu 2024 ditempatkan di Jalan Medan Merdeka Barat yang berada persis di sebelah Patung Kuda Monas.

“Hasil Pemilu 2024 curang. Sudah sepatutnya MK mendengarkan suara rakyat,” kata orator kepada massa yang menolak hasil Pemilu 2024.

Sementara itu, massa pro atau pendukung hasil Pemilu 2024 menyatakan niatnya mengawal sidang sengketa Pilpres dan memastikan tidak ada pihak yang mengganggu hasil pesta demokrasi lima tahunan yang baru saja dilangsungkan. 

“Mereka memainkan isu yang dimainkan kelompok tertentu untuk menjegal atau mencederai pemilu. Kami akan kawal jangan sampai MK masuk angin dan mempengaruhi hasil Pemilu 2024,” kata orator.

Petugas kepolisian pun mengawal ketat kedua massa pro dan kontra hasil Pemilu 2024 agar tidak terjadi bentrok. Sejauh ini, aksi unjuk rasa masih berjalan kondusif.

Sebanyak 1.233 gabungan siap mengamankan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sidang sengketaPilpres 2024 2024 di gedung Mahkamah Konstitusi pada Rabu, (27/3/2024).

“Untuk jumlah pasukan sendiri kami menerjunkan 1.233 personel gabungan yang nantinya akan mengamankan kegiatan di gedung MK, baik itu dari sisi dalam maupun dari sisi luar,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro dalam keterangan tertulis, Rabu (27/3/2024).

Di sisi satu sisi, Susatyo meminta seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi dan mengedepankan negoisasi. “Juga memberikan pelayanan yang humanis,” ucap dia.

Baca Juga  ASN DPRD DKI Tandatangani Pakta Integritas Jaga Netralitas Pemilu 2024

 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *