Psikolog: Zodiak untuk Atribut Diri, Bukan Acuan Mutlak

Sementara itu, World Introvert Day atau Hari Introvert Sedunia diperingati setiap 2 Januari. Dikutip dari laman introvert.day, Rabu (3/1/2024), momentum ini menjadi kesempatan bagi masyarakat di seluruh dunia untuk lebih memahami dan menghargai introvert.

Hari Introvert Sedunia pertama kali diadakan pada 2011 yang dimulai ketika psikolog dan penulis Felicitas Heyne menerbitkan merilis blog “introvert.day”. Dalam laman ini, Felicitas juga membagikan tanya jawab terkait inisiasi World Introvert Day.

“Konsep Hari Introvert Sedunia muncul dari passion saya untuk mengakui dan merayakan kualitas unik introvert. Sangat penting untuk menawarkan hari di mana para introvert dapat merasa diakui dan dipahami di dunia yang didominasi oleh extrovert,” jelasnya soal inspirasi terbentuknya peringatan ini.

Dikutip dari Healthline, Rabu (3/1/2024), menjadi introvert berkaitan dengan cara Anda mengumpulkan energi. Anda mungkin introvert jika Anda bersemangat karena waktu sendirian dan merasa lelah setelah interaksi sosial yang berkepanjangan. Karakter ini belum tentu sama dengan rasa malu.

Introversi sendiri bukanlah ciri kepribadian yang dapat diukur. Sebaliknya, introversi mengacu pada tingkat ekstroversi yang rendah.

Ciri-ciri kepribadian introvert:

Sejumlah faktor membantu membentuk karakteristik unik yang membentuk diri Anda, dan faktor-faktor ini juga dapat memengaruhi cara introversi muncul dalam kepribadian Anda. Dengan kata lain, tidak ada dua orang introvert yang sama persis.

Meskipun demikian, Anda mungkin mengenali introversi dalam diri Anda melalui beberapa ciri dan perilaku berikut:

Membutuhkan banyak waktu untuk diri sendiri

Apakah Anda menganggap masa-masa menyendiri penting untuk kesehatan dan kesejahteraan yang optimal? Mungkin Anda menganggap membayangkan malam yang tenang di rumah sangat menyenangkan, apakah Anda berencana menghabiskan waktu itu sekadar beristirahat atau menikmati hobi yang tenang sendirian. Jika waktu menyendiri menimbulkan perasaan damai dan lega, bukan kekecewaan dan stres, kemungkinan besar Anda lebih introvert daripada extrovert.

Baca Juga  Jokowi Teken Surat Pengunduran Diri Syahrul Yasin Limpo Sebagai Mentan

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *