Pasca Serangan Udara Iran ke Israel, Kemlu Ingatkan WNI soal Penerbangan ke Timur Tengah

Sebelumnya, Iran pada Sabtu malam 13 April 2024 meluncurkan serangan balasan ke arah Israel. Demikian diumumkan Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Dikutip dari Kanal Global Liputan6.com, IDF menyatakan Iran meluncurkan drone “dari dalam wilayahnya menuju Israel.”

“IDF dalam keadaan siaga tinggi dan terus memantau situasi operasional,” sebut IDF seperti dilansir CBS News, Minggu (14/4/2024).

“Array Pertahanan Udara IDF dalam keadaan siaga tinggi, bersama dengan jet tempur IAF dan kapal Angkatan Laut Israel yang sedang menjalankan misi pertahanan di wilayah udara Israel. IDF memantau semua target.”

Lantas bagaimana peta kekuatan militer Israel dan Iran jika dibandingkan Indonesia? Berikut ulasannya:

Mengutip dari laman globalfirepower, dari 145 negara, kekuatan militer Indonesia berada di peringkat 13 dunia di 2024. Kekuatan militer Indonesia ini mengalahkan negara seperti Israel dan Iran yang berada di peringkat 17 dan 14.

Sementara nomor satu masih diduduki Amerika Serikat, nomor dua oleh Rusia, dan nomor tiga adalah China.

Jika ditelisik, kekuatan utama pertahanan Indonesia adalah jumlah pasukan militernya. Tercatat, militer Indonesia berjumlah 1.050.000 orang, dimana personel aktif sebesar 400 ribu orang.

Untuk Angkatan Udara, Tercatat Indonesia memiliki 474 pesawat tempur, dimana dari jumlah tersebut sudah termasuk 41 Fighter dan 37 Attack Helicopters

Untuk Angkatan Laut, Indonesia tercatat memiliki sebanyak 333 aset. Dimana diantaranya termasuk 8 kapal perang jenis frigates, 25 jenis corvettes dan 4 kapal selam.

Sedangkan untuk Angkatan Darat, militer Indonesia memiliki 313 tank, 11.604 kendaraan tempur, 153 self-propelled artillery, 414 towed artillery dan 63 rocket projectors.

Dari sekian banyak alutsista tersebut, hal yang tidak kalah penting adalah kemampuan Indonesia dalam memproduksi minyak. Di sini, tercatat Indonesia mampu memproduksi 845 ribu barel minyak per hari.

Baca Juga  VIDEO: Indonesia Pernah Pindah Ibu Kota Negara Beberapa Kali, Ini Sejarahnya

 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *