Kemenhub Akan Berangkatkan Ribuan Peserta Mudik Gratis Gelombang Kedua dari Tanjung Priok Besok

Kementerian Perhubungan memberangkatkan pemudik yang ikut mudik gratis cerita pada Sabtu, (6/4/2024). Mereka diberangkatkan sebanyak 7.640 pemudik dari Terminal Jatijajar, Depok ke sejumlah kota di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, penyelenggaraan mudik gratis merupakan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah. Mudik gratis tidak hanya diselenggarakan Kementerian Perhubungan, BUMN dan kepolisian turut menyelenggarakan mudik gratis.

“Satu sisi mudik gratis pasti menolong ekonomi keluarga, jadi yang tadinya beli tiket sekarang uangnya bisa digunakan untuk yang lain,” ujar Budi, Sabtu (6/4/2024).

Budi menjelaskan, penyelenggaraan mudik gratis juga untuk mengurangi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Penyediaan mudik gratis menggunakan angkutan massal antar kota, dapat memberikan keselamatan kepada pemudik.

“Nanti di perjalanannya happy yang ceria ya, sopirnya jangan dimarahi tapi diingetin jangan buru-buru,” jelas Budi.

Plt Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, Suharto mengatakan, pergerakan masyarakat pada periode angkutan lebaran 2024, mencapai 193,6 juta atau mengalami peningkatan sebesar 71 persen dibadingkann periode 2023. Peningkatan tersebut berpotensi kepadatan lalu lintas termasuk pada simpul transportasi darat, laut, dan udara.

“Sesuai arahan dari Menteri perhubungan untuk melakukan kebijakan antisipatif, maka tahun 2024 ini Dirjen Perhubungan Darat mengalokasikan mudik gratis,” ujar Suharto.

Suharto mengungkapkan, mudik gratis pada tahun ini mengalami kenaikan sebesar 62,33 persen dibandingkan dengan 2023. Tahun lalu Dirjen Perhubungan Darat menyiapkan alokasi sebesar 23.072 pemudik dan tahun ini mengalokasikan 40.088 pemudik.

“Para pemudik diberangkatkan menuju 33 kota ataupun kabupaten di pulau Jawa dan sebagian di pulau Sumatera,” ungkap Suharto.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Persiapan Arus Mudik dan Balik Lebaran, Polri Siapkan Skenario Rekayasa Lalin di Kawasan Merak-Bakauheni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *