Jokowi Dorong Kesiapan TNI-Polri Hadapi Tantangan Global: Geopolitik Dunia Sulit Dikalkukasi

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin Rapat Pimpinan TNI-Polri Tahun 2024 di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta. Dalam pidatonya, Jokowi menyoroti berbagai tantangan yang dihadapi Indonesia, termasuk ketidakpastian ekonomi global, konflik geopolitik, dan dampaknya terhadap ekonomi nasional.

“Kita tahu ketidakpastian ekonomi masih belum jelas, masih belum pasti. Geopolitik dunia juga sulit dihitung, sulit dikalkulasi. Lanskap ekonomi, lanskap politik dunia juga sulit dikalkulasi, sulit dihitung. Kita tahu konflik di Ukraina belum selesai, datang konflik Gaza, ada tambahan Yaman sehingga menyebabkan inflasi pangan melanda dunia,” ujar Jokowi di Mabes TNI, Rabu (28/2/2024).

Dalam menghadapi ketidakpastian global, Jokowi menekankan pentingnya menjaga stabilitas ekonomi Indonesia, yang saat ini memiliki probabilitas resesi yang rendah dibandingkan dengan negara-negara lain.

Jokowi pun meminta semua pihak, termasuk jajaran TNI-Polri untuk waspada dalam menghadapi kompetisi global yang makin kompleks.

“Patut kita syukuri alhamdulillah di tengah krisis dunia yang bertubi-tubi, ketidakpastian ekonomi yang sulit dikalkulasi, perekonomian kita cukup kokoh dan kalau di G20 masuk 3 besar ekonomi yang kondisi growth dan pertumbuhan ekonominya baik,” ucapnya.

“Kita tahu ekonomi kita di tahun 2023 tumbuh 5,05 persen, inflasi terkendali di angka 2,57 persen, kemiskinan turun di angka 9,36 persen, pengangguran turun di angka 5,32 persen, dan GINI rasio (ketimpangan) juga turun di angka 0,388,” jelasnya.

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait pemberian bintang empat ke Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Jokowi sebut pemberian bintang itu sudah biasa terjadi di TNI.

Quoted From Many Source

Baca Juga  VIDEO: Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar, Gibran Berikan Respons Positif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *