Jadi Kurator Pembangunan, Kang Emil Beri Gambaran Soal IKN yang Siap Jadi Kota ‘Panen Matahari’

Liputan6.com, Jakarta Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil, menjadi pemimpin masyarakat di Jawa Barat selama 10 tahun. Lima tahun pertamanya, Kang Emil memimpin Bandung sebagai Wali Kota pada 2013-2018. Kemudian lima tahun keduanya, dia menjadi Gubernur Jawa Barat pada 2028-2023. 

Selama kurun waktu 10 tahun, Kang Emil punya banyak pengalaman dalam memimpin. Bukan cuma memimpin, banyak inovasi yang juga dilakukan Kang Emil. Kecakapan yang dimiliki Kang Emil itulah yang membuat Presiden Jokowi menggandengnya untuk ambil bagian dalam pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Saya diberi tugas mengaudit, maka sekarang saya ada jabatan namanya kurator pembangunan IKN,” ujar Kang Emil saat menjadi narasumber di acara Bincang Liputan6. 

Tugas Kang Emil sebagai kurator pembangunan adalah memeriksa desain yang dirancang, kemudian melakukan evaluasi jika ada keterlanjuran dan mencari solusi terbaik. Ketika dipercaya Jokowi, Kang Emil pun merasa yakin dia mampu mengemban tugas tersebut. 

“Saya optimis, saya profesional. Ada 200an proyek dalam rentang hidup saya, jadi saya paham mana yang akan berhasil, mana yang mungkin tidak,” ujarnya. 

Dalam menjalankan tugasnya sebagai kurator pembangunan IKN, Kang Emil menyoroti konsep green dan konsep smart. Menurutnya dua konsep itu harus betul-betul nyata dalam pembangunan kawasan karena IKN diharapkan dapat menjadi suar bukan cuma di Indonesia tapi juga di dunia. 

Kang Emil menceritakan, kantor-kantor pemerintahan di IKN bakal dibangun dengan konsep yang terinspirasi dari Google, di mana banyak area hijau dan arsiteknya mewakili inovasi. Bahkan nantinya di IKN, mobil dengan bahan bakar bensin wajib dilarang ada di lingkungan tertentu. 

“Jika pun nanti ada mobil bensin harus berhenti dulu di satu titik. Lalu ada kumpulan taksi atau bis elektrik yang commuting atau muter di sana,” kata Kang Emil.

Baca Juga  Metro Sepekan: Cekcok, Wanita Tusuk Pemilik Toko Pakaian di Tangerang hingga Tewas

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *