Infografis Pertemuan SBY-Jokowi di Istana Bogor

Liputan6.com, Jakarta – Para elite politik semakin gencar menggelar silaturahmi, terutama ancang-ancang untuk menghadapi Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden atau Pilpres 2024. Bukan hanya silaturahmi, rekonsiliasi politik pun juga terjadi di antara elite.

Realitas politik tersebut seperti terlihat saat pertemuan tertutup antara Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Di awal pekan dengan jadwal kenegaraan relatif padat, Jokowi menerima kunjungan Presiden ke-6 RI tersebut di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin 2 Oktober 2024.

Kedua tokoh politik itu menggelar pertemuan tertutup pada sore itu sekitar pukul 17.00 WIB. Berselang 1 jam kemudian, berdasarkan rekaman video yang beredar, SBY keluar dari pintu Istana dengan didampingi Jokowi. Terlihat Jokowi mengantarkan Ketua Majelis Tinggi Demokrat itu hingga pintu mobil.

“Benar sore ini ada silaturahmi kebangsaan antara Pak SBY dan Pak Jokowi,” kata Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani saat dikonfirmasi, Senin 2 Oktober 2024.

Menurut Karman, pertemuan SBY dan Jokowi itu tentu yang dibicarakan terkait politik kebangsaan dan politik kenegaraan. Deputi Bappilu Demokrat itu pun meyakini pertemuan tersebut bakal berdampak positif bagi dinamika politik menjelang Pemilu 2024.

Momentum pertemuan SBY-Jokowi itu jelas menuai beragam tanggapan, baik dari politikus maupun pengamat politik. Misalnya, pengamat politik Khoirul Umam.

“Kedua pemimpin yang selama ini berada di 2 poros politik yang berbeda, tetap mampu mendiskusikan isu politik kebangsaan, tidak menutup kemungkinan Jokowi-SBY mendiskusikan sejumlah isu politik praktis, termasuk terkait Koalisi Indonesia Maju,” kata pengamat politik tersebut, Selasa 3 Oktober 2023.

Bagaimana ragam tanggapan lainnya terkait pertemuan SBY dan Jokowi di Istana Bogor? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

Baca Juga  Kejagung Didukung Usut Dugaan Keterlibatan Oknum yang Biarkan Tambang Timah Ilegal di Babel

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *