Hari Matematika Internasional 14 Maret: Simak Sejarah, Tema, hingga Tujuan Peringatannya

Melansir dari laman resmi International Day of Mathematics www.idm314.org, Kamis (14/3/2024), perayaan pertama Hari Matematika Internasional diadakan pada 14 Maret 2020 dengan tema ‘Mathematics is Everywhere’.

Kemudian perayaan tahun kedua atau 2021, tema yang diangkat adalah ‘Mathematics for a Better World‘. Sementara pada 2022, hari itu mengusung tema ‘Mathematics Unites‘ lalu pada 2023 bertema ‘Mathematics for Everyone‘.

Dan pada 2024 ini, tema yang diangkat adalah ‘Playing with Math‘ atau ‘Bermain dengan Matematika’. Tema 2024 merayakan permainan matematika, teka-teki, dan kegiatan hiburan lainnya, tetapi juga bermain dengan matematika itu sendiri, menjelajah, bereksperimen, dan mencari tahu.

Dengan diorganisir oleh The International Mathematical Union atau Persatuan Matematika Internasional, International Day of Mathematics 2024 (IDM 2024) mencakup campuran perayaan virtual dan tatap muka pada tahun 2024, termasuk perayaan di kelas. Dan untuk pertama kalinya, program pemeringkatan sekolah internasional.

International Day of Mathematics 2024 (IDM 2024) dirayakan di lebih dari 90 negara dengan lebih dari 1.100 acara yang dilakukan masing-masing.

“Matematika adalah bahasa yang abadi yang tidak mengenal batas dan tidak memiliki gender. Dari tulang Ishango yang ditemukan di pasir kuno Afrika Paleolitik lebih dari 20.000 tahun yang lalu hingga pikiran-pikiran cemerlang yang membentuk masa depan kita – seperti matematikawan Ukraina Maryna Viazovska, penerima Medali Fields 2022, matematika memiliki kekuatan untuk mengubah dunia,” ujar Director-General of UNESCO Audrey Azoulay.

“Melalui tema tahun ini untuk Hari Matematika Internasional, ‘Playing with Math‘ atau ‘Bermain dengan Matematika’, kami merangkul potensi matematika yang tak terbatas untuk mendorong kemajuan menuju Sustainable Development Goals (SDGs) melalui eksplorasi, percobaan, dan penemuan baru,” sambung dia.

Baca Juga  Sedang Berfoto Dekat Trotoar, Remaja di Jakbar Ditabrak Fortuner hingga Terpental

 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *