Gunung Marapi Erupsi Lagi, Bunyi Dentuman Keras Kagetkan Warga

Liputan6.com, Jakarta Gunung Marapi Sumatera Barat kembali mengalami erupsi, pukul 06.03 WIB, Sabtu (30/12/2023). Saat erupsi, Gunung Marapi mengeluarkan dentuman keras yang jelas terdengar warga di daerah Kabupaten Agam hingga Kota Bukittinggi.

“Seperti suara bom, hanya sekali, berdentum keras sampai anak-anak terbangun terperanjat dari tidurnya. Tidak ada goyangan seperti gempa, hanya dentuman yang sangat jelas terdengar mengagetkan,” kata seorang warga Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Widia (35), seperti dilansir Antara

Dia mengatakan saat dentuman keras terdengar, dia langsung melihat ke arah Marapi dari arah Kecamatan Sungai Puar.

“Terlihat letusan Marapi dengan asap hitam pekat membumbung tinggi,” kata Wali Nagari atau Kepala Desa Bukit Batabuah, Firdaus.

Kecamatan Ampek Angkek, Kecamatan Sungai Puar dan Kecamatan Candung menjadi daerah terdekat di Kabupaten Agam dari puncak Gunung Marapi. Sementara dari arah Kota Bukittinggi, letusan Gunung Marapi tidak teramati dengan kondisi kabut tebal saat dentuman terjadi.

Petugas pengamat gunung api (PGA) Marapi Teguh Purnomo menyebutkan dalam catatan resminya Gunung Marapi meletus pada jam 06.03 WIB namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 31 mm dan durasi sementara ini 56 detik.

“Terdengar suara dentuman, erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat. Marapi berada pada Status Level II (waspada) dengan rekomendasi warga menjauhi kawasan di radius tiga kilometer dari puncak,” kata Teguh.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Ketua KPU Langgar Kode Etik, Sejumlah Pejabat BUMN Mundur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *