Diduga Diretas, Situs Kemhan Dinonaktifkan Sementara

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Pertahanan telah menurunkan Tim Tanggap Insiden Keamanan Komputer (Computer Security Incident Response Team/CSIRT) untuk mendalami peretasan terhadap situs Kemhan RI dengan melakukan assessment terhadap jaringan data dan internet di lingkungan Kemhan.

“Kegiatan tersebut untuk menginvestigasi dan sekaligus memastikan keamanan jaringan data dan internet di lingkungan Kemhan RI,” demikian kutipan siaran pers yang diterima Jumat, (3/11/2023).

Sebagai langkah preventif dan guna keperluan assessment tersebut, situs Kemhan untuk sementara dinonaktifkan. Hal ini dilakukan agar tim CSIRT dapat menyelidiki dugaan peretasan data dengan lebih mendalam dan mengidentifikasi akar permasalahannya.

“Situs Kemhan merupakan sumber informasi penting bagi masyarakat sehingga Kemhan berkomitmen untuk segera menghidupkan kembali situs resmi Kemhan setelah kegiatan assessment selesai dan keamanan jaringan terverifikasi,” tulis siaran pers tersebut.

Kemhan menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat nonaktifnya situs Kemhan tersebut.

“Meskipun situs Kemhan memuat sejumlah data namun tidak ada data sensitif yang berpotensi terdampak. Langkah-langkah keamanan yang ketat telah dilakukan oleh Kemhan guna melindungi data sensitif dan memastikan bahwa informasi yang disajikan di situs Kemhan tetap akurat dan dapat dipercaya,” tulisnya.

 

Quoted From Many Source

Baca Juga  ASN DPRD DKI Tandatangani Pakta Integritas Jaga Netralitas Pemilu 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *