Di Harlah ke-101 NU, Jokowi: Sikap Toleran dan Moderat Jadi Inspirasi Dunia

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji kiprah Nahdlatul Ulama (NU) yang secara konsisten terus menjaga keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam bingkai Pancasila yang bhineka.

Menurut presiden, sikap toleran dan moderat dalam beragama adalah inspirasi yang patut dicontoh oleh dunia internasional. Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-101 NU di Yogyakarta.

“Kontribusi NU sangat luar biasa dalam menjaga NKRI, dalam menjaga Pancasila dalam menjaga Bhineka Tunggal Ika, sikap toleran Bangsa Indonesia, ajaran moderat dalam beragama yang jadi inspirasi dunia,” kata Jokowi di Universitas NU Yogyakarta, Rabu (31/1/2024).

Jokowi juga mengaku senang, mendengar laporan yan disampaikan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf yang menyebut acara harlah ke-101 sebagai penanda peresmian gedung Universitas NU Yogyakarta. Dia menilai, Universitas NU adalah sebuah lompatan kemajuan 50 tahun ke depan bagi NU.  

“Bulan Januari 2020 saya menerima surat permohonan dari PBNU dan juga PWNU, permohonan untuk pembangunan kampus Universitas NU Yogyakarta. Alasannya, organisasi lain sudah punya kampus bagus dan PBNU belum memiliki universitas yang bagus,” cerita presiden.

Jokowi lalu menyampaikan kepada tim dari PBNU dan PWNU Yogyakarta bahwa dirinya setuju untuk membantu, asalkan Universitas NU dirancang sebagai lokomotif lompatan kemajuan bagi lembaga pendidikan tinggi NU secara nasional.

“Agustus 2020 kita mulai melangkah, waktu saya ke Yogya saat peresmian airport yang baru, saya sampaikan saya matur ke ngarso dalem apakah memungkinkan Universitas NU diparingi lahan di jalur ring road. Saya bisik-bisik. Kemudian ngarso dalem bilang ada pak tapi kecil sekitar 1 hektare,” tutur Jokowi.

 

Quoted From Many Source

Baca Juga  Dongkrak Hasil Pertanian, Desa Loh Sumber Kukar Gencar Bangun Jaringan Irigasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *