Densus 88 Antiteror Tangkap 4 Terduga Teroris di Riau

Liputan6.com, Jakarta Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kembali menangkap tersangka teroris. Kali ini ada empat orang yang diciduk di wilayah Riau.

“Betul. Empat orang (tersangka teroris ditangkap),” kata Juru Bicara Densus 88 Polri, Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Rabu (22/11/2023).

Namun, Aswin belum merinci kronologi penangkapan dan jaringan dari keempat tersangka teroris tersebut. Termasuk barang bukti yang berhasil disita dalam penangkapan.

“Nanti dari Humas Polri yang rilis ya,” ujar Aswin.

Diketahui, Densus mengungkap data ada 110 pelaku tindak pidana terorisme yang ditangkap sepanjang 2023. Para pelaku teror ditangkap sebelum melancarkan aksi. Ada 42 di antaranya hendak menggagalkan pemilu 2024.

Meski ratusan orang telah berhasil ditangkap, namun untuk data tren tiga tahun terakhir mengalami penurunan. Mengacu tahun 2021 tercatat ada 370 tersangka teroris yang telah diamankan dengan total 6 kejadian aksi teror.

“Terdapat tren penurunan kejadian teror dan pelaku tindak pidana terorisme dalam 3 tahun terakhir,” kata Aswin dalam keteranganya, Kamis (2/11/2023).

Di antaranya, bom bunuh diri di depan Gereja Katedral di Jalan Kartini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan yang menewaskan 2 orang, pada 28 Maret 2021. Sampai aksi teror Zakiah Aini (ZA) yang menerobos masuk Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada 31 Maret 2021.

Sementara, untuk 2022 tercatat sebanyak 248 tersangka teroris ditangkap, dengan satu kejadian yaitu aksi bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat pada Rabu (7/12/2022).

“Dan kita berharap, tahun ini kita bisa menjaga agar negara kita bebas dari peristiwa teror,” kata Aswin.

Mantan Pentolan Teroris MIT Muhammad Basri Tobat di Nusakambangan Cilacap

Quoted From Many Source

Baca Juga  VIDEO: Ganjar: Selamat Ulang Tahun Slank!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *