Cegah Kepadatan Arus Balik Lebaran 2024, Menhub Imbau Pemudik Pulang Hari Ini atau Sabtu

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan ada kebijakan work from home (WFH) pada pekan depan. Tujuannya, guna mengurai kendaraan pada arus balik mudik lebaran 2024.

Budi Karya mengatakan usulan itu akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat. Dia melihat waktu yang tersedia untuk arus balik ini terbilang lebih sempit ketimbang arus mudik.

“Arus balik itu terjadi pada Minggu dan Senin. Karena Senin itu terakhir libur. Kita melihat bahwa waktunya ini sangat pendek dibanding (arus) mudik,” kata Menhub Budi di kantornya, Jakarta, Rabu (10/4/2024).

Menurut Menhub, kebijakan WFH bisa memberikan ruang lebih leluasa kepada pemudik yang kembali ke Jakarta. Usulan ini baru akan disampaikan pada 11-12 April 2024.

“Oleh karenanya kita ingin akan melakukan manajemen (lalu lintas) agar ini akan lebih rileks. Kita lagi mengusulkan ke Pak Presiden untuk work from home di hari Selasa dan Rabu,” ujar Budi.

Menhub berharap usulannya ini akan disetujui oleh Kepala Negara. Jika demikian, ada keleluasaan pekerjaan yang bisa dilakukan dari jarak jauh. Harapannya, tidak ada penumpukan kendaraan menuju ke Jakarta dan sekitarnya.

“Ini baru didiskusikan, baru diusulkan, mudah-mudahan presiden setuju. Kalau itu berhasil, itu berarti mereka bisa bekerja secara online dari tempatnya masing-masing,” kata Budi.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Nama Jokowi di Pusaran Gugatan Sengketa Pilpres 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *