Cara Pemkab Kukar Berdayakan UMKM, Mulai dari Pelatihan Kewirausahaan hingga Sertifikasi Halal

Pemkab Kukar sangat peduli dengan pemberdayaan pelaku UMKM guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Hingga kini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kukar mencatat terdapat 11.810 UMKM yang tersebar di 20 kecamatan. 

Kepedulian Pemkab Kukar terlihat ketika menggelar kegiatan Kukar Kaya Festival beberapa bulan lalu. Berbagai macam kegiatan acara di tingkat kecamatan, yang mendatangkan artis ibu kota, serta menampilkan tarian budaya kearifan lokal disuguhkan dan membuat pegiat UMKM di pelosok desa semakin meningkat drastis.

“Kita lihat efek dari program Kukar Kaya Festival misalnya, ada banyak pelaku usaha di kecamatan-kecamatan yang terbantu,” ungkap Staf Ahli Wakil Bupati Kukar, Rahmat Dermawan, Senin (11/9/2023)

Selain itu, permodalan bagi pelaku UMKM juga dipermudah dengan kehadiran Program Kredit Kukar Idaman (KKI). Saat ini program tersebut sudah tembus Rp8 miliar.

Angka tersebut berhasil memberi manfaat bagi 530 pelaku usaha di Kukar dan program ini sudah berjalan sejak Oktober 2021 bekerja sama dengan Bankaltimtara.

Tujuan dari Program KKI ialah untuk masyarakat yang mau memulai usaha. Sehingga mereka tidak terjebak pada rentenir-rentenir yang bisa memberatkan dengan nilai bunga tinggi

Dukungan kemandirian pelaku usaha juga didorong melalui sektor perikanan, yakni Poklahsar (Kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan) yang jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya.

“Belum lagi, awal Mei 2023, di era pemerintahan Edi-Rendi, pemerintah gencar memberikan bantuan sarana dan prasarana kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) dan Kelompok Budi Daya Perikanan (Pokdakan),” beber Rahmat.

 

(*)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Soal Pertemuan dengan Surya Paloh, Jokowi: Saya Hanya Menjadi Jembatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *