BPJS Ketenagakerjaan Beri Santunan Korban Tungku Smelter Meledak di Morowali

Liputan6.com, Jakarta Tungku smelter milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di kawasan industri PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Selatan, meledak dan menewaskan belasan pekerja pada Minggu (24/12/2023). Atas insiden itu, BPJS Ketenagakerjaan pun bergerak cepat memberikan layanan serta membayarkan santunan kepada para korban.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo mengatakan bahwa sejak kejadian itu, BPJS Ketenagakerjaan proaktif dengan menerjunkan tim Layanan Cepat Tanggap (LCT) guna memastikan seluruh peserta yang menjadi korban mendapatkan perawatan dan pengobatan optimal.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dengan memastikan seluruh peserta yang menjadi korban mendapatkan perawatan hingga sembuh. Sedangkan bagi korban meninggal kami akan segera membayarkan seluruh hak-haknya kepada para ahli waris,” katanya.

Anggoro juga mengungkapkan, BPJS Ketenagakerjaan menjamin seluruh peserta yang menjadi korban akan mendapatkan hak manfaat perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja seperti, perawatan tanpa batas biaya sesuai indikasi medis hingga sembuh.

“Jika korban tidak dapat bekerja untuk sementara waktu, BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) sebesar 100% upah yang dilaporkan selama 12 bulan, dan selanjutnya 50% upah hingga sembuh,” ungkapnya.

Anggoro pun menyebut, ahli waris korban meninggal akan mendapat santunan kematian kecelakaan kerja sebesar 48 kali upah dilaporkan, biaya pemakaman Rp10 juta, santunan berkala yang dibayarkan sekaligus sebesar Rp12 juta, serta beasiswa untuk 2 orang anak, dari pendidikan dasar sampai kuliah, maksimal mencapai Rp174 juta.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Jokowi Terima Aliansi Lintas Asosiasi Kepala Desa di Istana, Bantah Bahas Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *