BPJS Kesehatan Siap Lakukan Skrining Riwayat Kesehatan Petugas Pemilu 2024

Ghufron menjelaskan, jika terdapat petugas Pemilu yang belum menjadi peserta JKN, pemerintah daerah wajib mendorong petugas untuk mendaftarkan dirinya sebagai peserta pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/mandiri atau sebagai Pekerja Penerima Upah (PPU).

“Bagi petugas penyelenggara pemilu yang belum terdaftar sebagai peserta segmen manapun maka pemerintah daerah memastikan pengalokasian anggaran, membayarkan bantuan iuran dan membayar iuran Jaminan Kesehatan bagi petugas penyelenggara pemilu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

“Petugas yang sudah terdaftar menjadi peserta JKN tetapi status kepesertaannya tidak aktif maka pemerintah daerah wajib memastikan petugas melakukan reaktivasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” imbuh Ghufron.

Dirinya pun membeberkan, petugas pemilu dapat mengisi seluruh pertanyaan Skrining Riwayat Kesehatan melalui web yang disediakan BPJS Kesehatan. Ghufron menyebut, BPJS Kesehatan akan menyiapkan sistem informasi (aplikasi) untuk pengisian Skrining Riwayat Kesehatan Petugas Pemilu.

“Sistem ini juga akan terintegrasi dengan sistem informasi milik KPU dan BAWASLU, BPJS Kesehatan juga akan menyiapkan dashboard pemantauan pelaksanaan Skrining Riwayat Kesehatan Petugas Pemilu. Hak akses dashboard tersebut akan dimiliki oleh KPU Pusat, BAWASLU Pusat, Kementerian Dalam Negeri, KSP, dan BPJS Kesehatan,” beber Ghufron.

Dirinya mengungkapkan, hasil Skrining Riwayat Kesehatan dapat dipantau bersama dan akan memberikan feedback kepada petugas maupun panitia penyelenggara pemilu.

“Dengan demikian panitia akan lebih dapat mengantisipasi risiko kondisi kesehatan para petugas serta dapat memastikan telah terlindungi oleh Program JKN yang dikelola BPJS Kesehatan,” ungkap Ghufron.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Cuaca Hari Ini Rabu 20 Maret 2024: Langit Pagi Jakarta Cerah Berawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *