Ayam Opor hingga Sambal Goreng Ati, Obat Rindu Idul Fitri Masyarakat Indonesia di Rumania

Liputan6.com, Taipei – Hari Raya Idul Fitri yang dirayakan 10 April 2024 merupakan momen yang dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia, tidak terkecuali juga di Taiwan.

Tidak seperti di Indonesia di mana Hari Raya Idul Fitri merupakan hari libur nasional, di Taiwan  tidak mengadopsi hari keagamaan sebagai hari libur nasional sehingga Idul Fitri 1445 Hijriah merupakan hari kerja di Taiwan. Kendati demikian warga Indonesia di Negeri Formosa yang berjumlah sekitar 300 ribu orang –mayoritas umat Muslim, dengan penuh suka cita dan khusyuk menyambut hari kemenangan.

Mereka mengawali hari Idul Fitri dengan mengikuti Sholat Id yang diselenggarakan di 16 titik di Taiwan. Mengingat jumlah umat dan keterbatasan tempat ibadah, maka pelaksanaannya di beberapa titik dilakukan lebih dari 1 kloter, ada yang sama 5 kloter.

Cuaca yang hujan dan cenderung dingin tidak menghalangi niat mereka untuk menjalankan ibadah Salat Id sehingga hampir setiap titik dan setiap kloter penyelenggaraan Salat Id dipadati dengan jemaah.

Dalam rangka menyambut Lebaran ini, Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei juga menyelenggarakan acara Open House yang mengundang seluruh warga Indonesia di Taiwan untuk hadir.

Kepala KDEI Taipei Iqbal Shoffan Shofwan kemudian mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin, beliau juga menyampaikan bersyukur karena tidak ada korban WNI dalam gempa yang menguncangkan Taiwan pekan lalu. Meskipun demikian beliau menyampaikan belasungkawa kepada korban. 

“Mari kita menyampaikan rasa empati kita kepada 13 orang warga Taiwan yang tewas dan sekitar 1.700 orang mengalami luka ringan dan parah akibat gempa yang menimpa Taiwan sepekan yang lalu, kita sampaikan salam kepada korban, semoga lekas pulih dan keluarga yang ditinggalkan tetap tabah dan terus bersemangat, mari kita sampaikan salam kepada korban gempa yang ada di Hualien,” ujar Iqbal Shoffan Shofwan seperti tertuang dalam keterangan tertulisnya, yang dikutip Kamis (11/4/2024).   

Baca Juga  VIDEO: Soal KJMU Dicabut, Ini Kata Heru Budi

Undang 13 Tamu Cilik dari Harmony Home Foundation

Dalam rangka Open House Lebaran KDEI Taipei, kali ini diundang 13 tamu cilik dari Harmony Home Foundation (Panti Asuhan Harmony Home) Nanggang. Mereka bersama-sama merayakan Idul Fitri dan memberikan bingkisan serta THR.

“Bapak ibu sekalian, hari ini (10/4/2024) ada 13 anak-anak kita dari Panti Harmoni yang turut hadir makan-makan bersama kita. Saya tidak yakin apakah apakah mereka bisa berbahasa Indonesia atau tidak? Karena mereka lancar sekali berbahasa Mandarin, dan sepertinya tidak bisa berbahasa Indonesia. Mereka berbagi kebahagiaan dengan kita, maka kita juga berbagi kebahagiaan dengan mereka, dengan yang jilbab nya berwarna kuning ini,” tutur Iqbal Shoffan Shofwan. 

Selain berbagi bingkisan, Open House KDEI juga diisi dengan karaoke bersama, undian berhadiah dan kegiatan lainnya yang berlangsung dengan penuh kegembiraan.

 

 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *