Audiensi Emtek dan Komnas HAM, Berharap Isu HAM Mendapat Perhatian Anak Muda

Liputan6.com, Jakarta PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek) melakukan audiensi dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di gedung Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023).

Adapun jajaran Emtek yang hadir yakni Corporate Secretary (Corsec) SCTV Indosiar SCM Gilang Iskandar, Chief of Content (COC) KLY Wens Mangut, Pimpinan Redaksi Liputan6.com Irna Gustiawati, Pimpinan Redaksi Merdeka.com Darojatun, dan Esther perwakilan redaksi SCTV dan Indosiar. Sementara, dari pihak Komnas HAM sendiri langsung dihadiri Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro, dan Komisioner Uli Parulia Sihombing.

Dalam pertemuan itu Gilang Iskandar awalnya mengenakan Emtek sebagai perusahaan yang menaungi media SCTV, Indosiar, Liputan6.com, Merdeka.com dan lain-lain. Gilang juga membeberkan bisnis lain yang dijalankan Emtek.

Kemudian Gilang menjelaskan soal kedatangannya dan jajaran hendak menjalin kerjasama dengan Komnas HAM.

Ketua Komnas HAM Atnike mengapresiasi kehadiran Emtek dan mendiskusikan soal hak asasi manusia yang dinilai belum menjadi persoalan penting dalam kehidupan bermasyarakat.

“Pada hari ini Komnas HAM mendiskusikan isu-isu tentang hak asasi manusia yang perlu mendapat perhatian publik, namun perlu mendapat dukungan dari media. Dan grup Emtek berharap melalui kunjungan hari ini, kerjasama, kolaborasi, sinergi antar Komnas HAM dan Emtek semakin kuat, khususnya terkait informasi dan data mengenai situasi maupun kasus HAM yang penting untuk disorot publik dan mendapat perhatian pemerintah,” ujar Atnike usai pertemuan, Senin (13/11/2023).

Atnike menyebut, dalam pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih satu jam setengah itu pihaknya dan Emtek mendiskusikan peluang kolaborasi ke depan, khususnya dalam pendidikan publik melalui media digital mengenai isu hak asasi manusia.

Diharapkan dengan kerjasama ini membangun kesadaran masyarakat terutama anak muda dengan isu HAM.

Baca Juga  WabuRendi Solihin Salurkan Perahu dan Bibit Udang ke Masyarakat Muara Badak

“Kita berharap dengan adanya diskusi ini pendidikan publik melalui pemberitaan media maupun kampanye terkait isu HAM bagi anak muda khususnya dapat diperkuat sehingga kita memiliki masyarakat dengan budaya HAM, anak muda dengan budaya HAM yang tinggi dengan memerhatikan persoalan HAM di Indonesia,” kata dia.

Atnike berharap ini bukan pertemuan terakhir dengan Emtek. Apalagi, isu-isu nasional berkaitan dengan HAM ke depan harus mendapatkan perhatian khusus.

“Kami berharap ini bukan pertemuan terakhir, tentu di dalam setiap momentum ada setiap isu yang dapat perhatian khusus, mungkin menjelang pemilu kita perlu berdiskusi isu-isu HAM terkait pemilu yang perlu menjadi perhatian media dan Komnas HAM, dan dapat disuarakan bersama,” kata Atnike.

Guru besar Universitas Sumatera Utara, Prof. Yusuf Leonard Henuk dituding melakukan aksi rasisme terhadap mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai yang merupakan orang Papua, dengan mengunggah ilustrasi foto monyet di media sosial.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *